ARSINDONEWS
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Tetap Semangat Meski #DiRumahAja, Lakukan 6 Hal Ini

0 723

ArsindoNews – Pandemi Covid-19 yang merebak hampir di seluruh dunia, membuat banyak negara menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi penularan virus Korona jenis baru. Tak ketinggalan Indonesia juga menerapakan beberapa aturan yang cukup ketat bagi warganya.

Pemerintah mengimbau masyarakat tetap #DiRumahAja dengan menerapkan physical distancing hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak April. Masyarakat diminta untuk melakukan aktivitas seperti bekerja dan belajar dari rumah dan hanya keluar rumah untuk kebutuhan mendesak saja. Hal ini diterapkan dengan harapan dapat memotong mata rantai penyebaran Covid-19.

Seiring berjalannya waktu, menghabiskan waktu di rumah saja selama masa PSBB dapat membuat cepat bosan dan jenuh, walau tetap beraktivitas seperti bekerja dan belajar. Namun, Anda bisa membuat semua aktivitas yang dilakukan di rumah menjadi lebih menyenangkan. Berikut tips yang bisa Anda terapkan untuk menghindari rasa jenuh dan bosan selama #DiRumahAja!

1. Melakukan Olahraga Ringan
Walaupun di rumah, Anda tetap bisa melakukan olahraga. Yuk, mulai hari sebelum beraktivitas dengan melakukan olahraga ringan untuk meningkatkan semangat dalam menjalani hari. Beberapa olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di rumah misalnya jalan mengitari ruangan, jumping jack, push up, sit up, squat, atau angkat beban. Jangan lupa untuk berjemur di bawah sinar matahari juga ya, supaya asupan Vitamin D Anda tercukupi.

2. Membuat To-Do-List
Walaupun kita selalu melakukan hal yang sama di setiap harinya, tak urung kita melupakan rutinitas yang harus dilakukan. Salah satu cara untuk menghindari kelalaian pengerjaan adalah dengan membuat to-do-list. Tulis kegiatan yang akan Anda lakukan pada hari tersebut dan alokasikan waktu secukupnya. Dengan membuat to-do-list, Anda bisa bekerja lebih efisien dan produktif dalam melakukan pekerjaan, tanpa khawatir ada yang terlewatkan. Jangan lupa untuk disiplin dengan to-do-list yang sudah Anda siapkan.

3. Menggunakan Pakaian Favorit
Siapa yang selalu menggunakan piyama atau pakaian rumah saat bekerja atau belajar dari rumah? Walaupun tetap di rumah, Anda juga bisa tetap mengenakan pakaian formal favorit layaknya pergi kerja atau mengenakan pakaian favorit saat hangout. Menggunakan pakaian favorit diyakini dapat meningkatkan mood dan secara langsung dapat mempengaruhi cara Anda berkerja.

4. Atur Ulang Keuangan
Selama di rumah aja, pastinya ada beberapa pengeluaran yang terhenti seperti biaya transportasi untuk beraktivitas, biaya hangout, atau anggaran liburan yang tertunda. Yuk, coba cek kembali kondisi keuangan Anda. Alokasikan biaya yang pemakaiannya tertunda untuk dialihkan ke pos keuangan lainnya, seperti tabungan atau simpanan dana darurat.

Pada saat seperti ini, memiliki dana darurat sangatlah penting. Menurut Treasury.id, besaran dana darurat yang harus dipersiapkan setiap individu berbeda-beda. Apabila Anda masih lajang, idealnya Anda harus memiliki paling tidak 6x pengeluaran bulanan. Apabila Anda sudah menikah, besaran dana darurat yang harus disiapkan adalah 8x pengeluaran bulanan. Jika sudah memiliki anak, Anda harus mempersiapkan 12x pengeluaran bulanan. Jadi, jangan sampai pos keuangan yang masih tertunda pemakaiannya digunakan untuk hal yang bukan menjadi prioritas.

5. Beli yang Benar-Benar Dibutuhkan
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh iPrice, selama pandemi Covid-19 ternyata belanja online meningkat pesat! Beberapa kategori yang menjadi primadona adalah perlengkapan kesehatan seperti masker, disinfektan serta kategori makanan. Apakah Anda salah satu kontributornya? Tenang, kita tidak menyalahkan Anda belanja online.

Di tengah pandemi ini, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi dengan belanja online untuk menghindari kontak fisik dan mengurangi resiko penularan virus. Namun, pastikan Anda membeli barang-barang yang memang dibutuhkan dalam jumlah yang sewajarnya serta tidak melakukan overstock.

6. Lakukan hobi
Apabila biasanya Anda belum sempat menyalurkan hobi karena aktivitas di kantor atau di luar yang menyita waktu, mungkin ini saat yang tepat untuk Anda melakukannya. Dengan menyalurkan hobi, rasa bosan dan jenuh biasanya akan berkurang. Menyalurkan hobi juga salah satu cara untuk beristirahat setelah seharian bekerja.

Untuk Anda yang hobi masak, ini saatnya Anda bisa mengembangkan hobi. Selain lebih sehat, Anda bisa sambil mengurangi biaya untuk jajan. Jangan lupa untuk alokasikan waktu yang tepat antara menyalurkan hobi dan melakukan pekerjaan.

Dengan tetap di rumah, bukan artinya Anda bisa terus bermalas-malasan. Kita tetap bisa menjalankan aktivitas semaksimal mungkin sebagai seorang pelajar, karyawan, wiraswasta, dan apapun profesi Anda dengan maksimal

(Japos/AN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy