ARSINDONEWS
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Menag Fachrul Razi Sebut Mudik Saat Pandemi Covid-19 Banyak Mudaratnya

0 737

ArsindoNews – Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan, mudik dalam kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) seperti saat ini, lebih besar dampak negatif atau mudarat dibandingkan manfaatnya. Terlebih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melarang pelaksanaan mudik terhitung sejak 24 April 2020.

“Potensi penyebaran Covid-19 harus kita antisipasi, mudik bisa menjadi salah satu faktor. Sehingga, mudik saat pandemi dinilai lebih banyak mudaratnya. Sebab, mudik bisa menjadi sarana tersebarnya Covid-19 ke kampung halaman,” kata Fachrul Razi dalam keterangannya, Rabu (22/4).

“Kalau kita sayang keluarga di rumah, sayang sama orang tua dan saudara di kampung, tahun ini jangan mudik. Silaturahim bisa kita jalin dengan cara lain, misalnya melalui sambungan telepon atau lainnya,” sambungnya.

Mudik lebaran, kata Fachrul, memang sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia. Namun, meski mungkin dirasa berat, kebijakan pemerintah memberlakukan larangan mudik itu diambil demi kebaikan masyarakat Indonesia, di tengah kondisi pandemi Covid-19.

“Memang masyarakat kita, termasuk saya dan keluarga, dalam kondisi normal, kalau pertengahan Ramadan biasanya sudah bersiap untuk pulang kampung. Enak rasanya puasa bersama keluarga di kampung, bersama saudara-saudara semua, apalagi menjelang Idul Fitri,” ucap Fachrul.

Menurutnya, situasi saat ini tidak memungkinkan untuk melakukan tradisi mudik lebaran yang dilakukan setiap tahunnya. Oleh sebab itu, Pemerintah melarang mudik sejak 24 April 2020.

Fachrul mengharapkan, kebijakan pelarangan mudik tidak mengganggu kekhidmatan Ramadan yang akan segera tiba. Sebaliknya, masyarakat bisa fokus menjalani ibadah di rumah selama Ramadan.

“Mudah-mudahan ini tidak mengurangi kegairahan dan semangat ibadah di bulan Ramadan. Mari semarakkan Ramadan, dengan beribadah di rumah saja,” harap Fachrul.

(Japos/AN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy