ARSINDONEWS
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Hewan Peliharaan Anda Butuh Perawatan? Berikut ini Info Klinik Dokter Hewan di Kota Samarinda

0 374

ArsindoNews – Memelihara hewan peliharaan di rumah tentunya menjadi hobi tersendiri bagi sebagian orang, selain mampu membuat perasaan bahagia juga dapat membuat suasana rumah menjadi lebih hidup, memelihara hewan juga bisa mendatangkan banyak manfaat, baik dari sisi psikologis maupun kesehatan.

Berbagai riset telah membuktikan bahwa ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari memelihara hewan. Namun, di sisi lain, hewan peliharaan yang tidak dirawat dengan baik dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan, seperti menularkan kuman, virus, atau parasit yang dapat menyebabkan penyakit.

Memelihara hewan peliharaan tentu membutuhkan perhatian khusus dari anda sebagai sang pemilik, artinya meski cukup “mudah untuk dipelihara” tapi bukan berarti Anda bisa mengabaikannya. Makanan yang cukup, air dan perawatannya harus menjadi perhatian utama.

Saat memutuskan untuk memelihara hewan, anda dan keluarga juga perlu berkomitmen untuk merawat dan menjaga hewan tersebut dengan baik. Jika tidak terawat, hewan peliharaan di rumah bisa saja menyebabkan berbagai penyakit.

Perlu diketahui,ada masanya dimana hewan peliharaan anda mengalami masalah kesehatan, baik itu terserang penyakit atau virus atau penyakit lainnya, tapi anda tak perlu panik! Jika hewan kesayangan anda mengalami masalah tersebut, maka segera konsultasikan atau bawa ke Klinik dokter hewan terdekat untuk segera ditangani.

Redaksi Arsindonews melalui artikel ini akan memberikan informasi mengenai Klinik Dokter Hewan di Kota Samarinda yang wajib anda kunjungi ketika hewan peliharaan anda butuh perawatan.

Info Klinik Dokter Hewan Samarinda

Berikut ini klinik dokter hewan di Kota Samarinda yang perlu anda ketahui :

1. PRAKTEK DOKTER HEWAN 1

Dokter                        :

Alamat Praktek         :

Jam Praktek               :

No.Telp/HP                :

2. PRAKTEK DOKTER HEWAN 2

Dokter                       :

Alamat Praktek         :

Jam Praktek               :

No.Telp/HP                :

3. PRAKTEK DOKTER HEWAN 3

Dokter                       :

Alamat Praktek         :

Jam Praktek               :

No.Telp/HP                :

 

Defenisi Klinik Hewan?

Klinik hewan adalah tempat usaha pelayanan jasa medik veteriner yang dijalankan oleh suatu manajemen dengan dipimpin oleh seorang dokter hewan penanggung jawab dan memiliki fasilitas untuk pengamatan hewan yang mendapat gangguan kesehatan tertentu.

Tugas dan Fungsi Klinik Hewan

Tugas & Fungsi Klinik Hewan secara umum :

  1. Melaksanakan pelayanan kesehatan hewan.
  2. Melaksanakan pelayanan reproduksi.
  3. Melaksanakan konsultasi kesehatan hewan.
  4. Melaksanakan pelayanan bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan kesehatan hewan.
  5. Melaksanakan tugas pembantuan, pengamatan, pencegahan dan pemberantasan penyakit hewan.

 Tugas Teknis Klinik Hewan adalah :

  1. Melakukan kegiatan pelayanan kesehatan hewan, meliputi :
  • Diagnosis dan pengobatan hewan.
  • Vaksinasi hewan.
  • Pengambilan sample untuk pemeriksaan laboratorium.
  • Operasi ringan (sterilisasi, luka abses, dll)
  • Pemeriksaan Ultrasonografi (USG)
  • Grooming (salon) hewan kesayangan.
  • Rawat inap dan penitipan bagi hewan kesayangan.
  1. Melakukan konsultasi veteriner dan penyuluhan di bidang kesehatan hewan, meliputi :
  • Program vaksinasi dan kesehatan hewan.
  • Manajemen pengelolaan kesehatan hewan di peternakan.
  • Perawatan hewan kesayangan.
  • Biosekurity dan biosafety.
  1. Memberikan surat keterangan dokter hewan.
  • Berdasarkan hasil pemeriksaan klinis/fisik hewan
Berikut ini beberapa penyakit hewan yang dapat menular ketika anda lalai merawat hewan peliharaan anda dengan baik:

1. Kutu

Waspada jika Anda melihat hewan peliharaan mulai sering menggaruk tubuhnya sendiri. Itu bisa menjadi pertanda adanya kutu yang berkembang biak pada kulitnya. Kutu yang dibiarkan tanpa penanganan dapat berkeliaran atau menetap dan bertelur di celah atau lipatan barang-barang di rumah, seperti sofa dan bantal.

Selain menyebabkan gatal pada kulit manusia, kutu dapat menularkan penyakit serius, seperti pes. Pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian obat atau bedak antikutu.

2. Cacing

Beragam jenis cacing, seperti cacing pita dan cacing gelang, adalah parasit umum yang dapat berkembang dalam usus halus hewan. Muntah, diare, dan penurunan berat badan binatang dapat menjadi gejala adanya infeksi cacing.

Hewan yang terinfeksi dapat menularkan penyakitnya pada manusia melalui tanah atau pasir yang telah terkontaminasi telur cacing.

Selain itu, telur cacing yang menetas di dalam tubuh orang dewasa dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan tubuh. Penanganan melalui suntikan, obat minum, maupun obat oles dari dokter hewan dapat menjadi solusi masalah ini.

3. Kurap

Anda dan anggota keluarga dapat tertular penyakit kurap dari hewan peliharaan yang tidak terawat hanya dengan menyentuh kulit atau bulu mereka. Kurap dapat menyebabkan kulit merah, ruam, atau bintik melingkar pada kulit. Segera periksakan hewan peliharaan Anda ke dokter, jika ia terkena kurap.

4. Luka cakaran atau gigitan

Meski hewan peliharaan Anda sudah terlatih dan sangat bersahabat, tetapi jangan pernah meninggalkan anak sendirian dengan binatang. Anak yang terlalu antusias bisa saja mendorong atau memukul hewan, sehingga berisiko digigit atau dicakar oleh hewan peliharaan.

5. Toksoplasmosis

Toksoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Parasit ini umumnya ditemukan di tinja kucing. Parasit ini juga bisa ditemukan pada bulu kucing yang kotor. Meski demikian, ada riset yang menyatakan bahwa wanita yang sejak lama telah memelihara kucing akan memiliki antibodi terhadap toksoplasmosis.

Namun, untuk berjaga-jaga, ada baiknya hewan peliharaan dipindahkan ke tempat lain atau pastikan agar ibu hamil tidak mengurus kotoran kucing agar terhindar dari infeksi yang bisa membahayakan kehamilan dan janin.

Redaksi (AN)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy