ARSINDONEWS
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Dirut Pertamina Buka Suara, Terkait Proyek Kilang yang Tak Kunjung Rampung

0 1,410

ArsindoNews – Banyak pihak yang mengkritik tak kunjung rampungnya pembangunan sejumlah proyek kilang. PT Pertamina (Persero) menjelaskan, membangun kilang membutuhkan waktu yang tak sebentar.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyebut, butuh waktu sekitar tiga hingga empat tahun dalam membangun kilang. “Banyak juga kalangan yang tetap nyinyir ini kilang kok enggak jadi-jadi. Semua harus tahu juga membangun kilang itu bukan seperti membalikkan tangan ya. Perlu waktu 3-4 tahun,” ujarnya dalam diskusi virtual, Senin (15/6).

Nicke menjelaskan, banyak tantangan dalam mengerjakan proyek infrastruktur di Indonesia. Salah satunya soal pembebasan lahan.

Apalagi munculnya pandemi Covid-19 membuat aktivitas perekonomian terhambat. Namun, pihaknya memastikan semuanya tetap berjalan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Walaupun pandemi Covid, kita kan sudah mulai membangun kilang yang di RDMP Balikpapan. Sejak tahun lalu kan sudah kita mulai. Jadi, progres di lapangan walaupun masa pandemi Covid ini tetap berjalan,” ucapnya.

Nicke menambahkan, perseroan menargetkan proyek RDMP Balikpapan rampung pada 2023 mendatang. Pada Oktober nanti, Pertamina mulai memasang peralatan di lapangan.

“Dan kalau dilihat kegiatan di lapangan juga sudah mulai masif. Dan Alhamdulillah ini bisa kita selesaikan sesuai target itu, akan selesai Juli 2023 untuk yang RDMP Balikpapan,” jelasnya.

Sementara itu untuk proyek kilang Tuban, pembebasan lahannya sudah mencapai 95 persen. Sisanya akan diselesaikan melalui reklamasi.

Pemerintah sudah memberikan izin terkait hal tersebut. Namun saat ini proses pengerjaannya terkendala Covid-19.

“Jadi itu tetap jalan, pekerjaan untuk engineering dan juga equipment untuk yang basic design tetap berjalan dilakukan di Madrid, di Spanyol,” tuturnya.

(Japos/AN)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy